Anda Butuh Minyak Kemiri ?

 

Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur yang satu ini. Kemiri, adalah salah satu bumbu dapur yang ternyata selain sebagai bumbu penyedap masakan, kemiri juga memiliki segudang manfaat yang wajib Anda ketahui.

Kemiri (Aleurites Moluccana), adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat (https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri).

Tidak diketahui dengan tepat asal-usulnya, tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru.

Obat Penumbuh Alis dan Bulu Mata Herbal

Kemiri terutama ditanam untuk bijinya, yang setelah diolah sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan Malaysia. Di Pulau Jawa, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi. Kemiri memiliki kesamaan dalam rasa dan tekstur dengan macadamia yang juga memiliki kandungan minyak yang hampir sama. Kemiri juga dibakar dan dicampur dengan pasta dan garam untuk membuat bumbu masak khas Hawaii yang disebut inamona. Inamona adalah bumbu masak utama untuk membuat poke tradisional Hawaii (https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri) .

Inti biji kemiri mengandung 60–66% minyak. Di Hawaii, pada masa kuno, kemiri (di sini disebut kukui) dibakar untuk menghasilkan cahaya. Kemiri disusun berbaris memanjang pada sehelai daun palem, dinyalakan salah satu ujungnya, dan akan terbakar satu demi satu setiap 15 menit atau lebih. Ini juga berguna sebagai alat pengukur waktu. Misalnya, seseorang bisa meminta orang lain untuk kembali ke rumah sebelum kemiri kedua habis terbakar. Di Tonga, sampai sekarang, kemiri yang sudah matang (dinamai tuitui) dijadikan pasta (tukilamulamu), dan digunakan sebagai sabun dan shampoo (https://id.wikipedia.org/wiki/Kemiri).

Kandungan protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral pada biji kemiri yang besar, membuat biji ini memiliki segudang manfaat. Kandungan mineral yang terdapat pada kemiri di antaranya adalah fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Sedangkan kandungan vitain yang terdapat pada kemiri antara lain adalah vitamin A, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B9 (folat). Kemiri juga mengandung beberapa zat bermanfaat seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fitosterol.

Agar bisa digunakan manfaatnya, maka biji kenari harus di olah menjadi minyak terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan merebus, memanggang, atau menyangrai.

Obat Rambut Rontok (Hair Loss Treatment )

Beberapa manfaat minyak kemiri untuk rambut antara lain adalah :

  1. Mengatasi masalah kerontokan.
  2. Menumbuhkan rambut.
  3. Menghilangkan ketombe.
  4. Menebalkan dan menyuburkan rambut.
  5. Merangsang pertumbuhan rambut di area lain.
  6. Membuat rambut tampak lebih hitam.
  7. Menjaga kelembapan rambut.
  8. Membuat rambut lembut dan halus.
  9. Memanjangkan rambut dengan cepat.
  10. Membantu meluruskan rambut.
  11. Merawat rambut agar sehat dan indah.

Obat Penyubur Rambut Botak Licin Plontos Alami (Regrowth Treatment )

Apakah Anda memiliki masalah dengan pertumbuhan rambut keluarga Anda. Minyak Kemiri bisa menjadi alternatif peraatan alami yang harus Anda coba.

Anda bisa memiliki produk-produk minyak kemiri di sini  :

Tips :

  • Pilihlah produk yang sudah terdaftar memiliki sertifikasi resmi.
  • Konsultasikan kepada dokter, jika terjadi alergi atu hal-hal yang mengkhawatirkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *