Investasi 1000% Pasti Untung

Anda yang sedang membaca tulisan ini pasti tidak percaya. Sebelum kita lanjutkan, ada secuil percakapan yang harus Anda baca.

Percakapan seorang cucu dan sang kakek :

Cucu      :  “ Kek, anterin cucu ke rumah Pak De ya ? “

Kakek     :  Dengan sedikit nada menolak, si kakek menjawab. “ Emang mo ngapain,                        Bapak Ibu mu kemana Cu, gak di rumah po ?”

Cucu      :  Dengan nada marah dan suara yang keras,  si cucu langsung masuk kamar                    dan membanting pintu. “Brak, Bruk “ suara pintu di banting keras.

Si kakek dan nenek yang berada di dekatnya, agak marah dengan  sikap si cucu yang tidak  sopan. Menyebut nama kake neneknya pun tanpa sopan santun. Si kakek dan nenek hanya mengelus dada saja. Ohhh …. Tapi pada akhirnya si kakek mengantar juga si cucu ke tempat Pak De, salah satu tetangga tempat bermain si cucu.

Dari sedikit percakapan pada situasi dan kondisi diatas, Anda pasti bisa membayangkan keadaan dan suasana yang tergambar diatas. Si cucu sedang berada di rumah kakek neneknya dan pengen ke suatu tempat, karena sangat mungkin tidak ada temen dan orangtua yang senantiasa mendampinginya.

Wahai para orang tua  …  Ayah … Bunda ….  Ketahuilah ….

Anak adalah rezeki, titipan, dan investasi termahal kita, bak berlian dan mutiara yang harganya bertrilyun-trilyun yang tidak ada pengusaha manapun di dunia ini yang mampu memilikinya, jika tanpa campurtangan-Nya.

Bayangkan Ayah …  Bunda ….

Berapa banyak orang-orang di luar sana yang sampai detik ini pun belum memiliki keturunan. Mengapa Ayah Bunda menyia-nyiakan kami. Tidak menemani kami saat kami di rumah, tidak mencari kami jika senja telah datang, padahal kami mesti mandi dan bersiap ke masjid.

Ayah …   Bunda  ….

Anakmu ini sangat ingin ditemani dan belajar dari Ayah dan Bunda.

Sejak dalam kandungan, fitrahku adalah muslim, Ayah Bunda lah yang tidak bisa menjagaku jika saat ini aku nakal, salah gaul, tidak menurut dengan Ayah Bunda. Ayah Bunda terlalu sibuk dengan urusan dunia saja.

Jikalau sejak dalam kandungan kami bisa berbicara, kami sangat ingin mendengarkan Al Qur’an sebagai bacaan terbaik dan diberi makanana  yang halal lewat Bundaku.

Oh … Ayah Bundaku …

Sebenarnya sejak balita aku sangat ingin meghafal Al Qur’an dan menghafal Hadist, agar kelak dewasa nanti bisa bisa menjadi pegangan hidup dan langkahku menuju akhirat. Aku sangat  ingin  sholat di awal waktu dan mendapat shaf pertama bersama Ayah. Aku juga sangat ingin mempersembahkan mahkota terbaik untuk Ayah Bunda di akhirat nanti.

Teruntuk para Ayah dan Bunda yang membaca tulisan ini sampai kata-kata terakhir  ini, apakah Anda masih menyia-nyiakan modal investasi yang sudah Anda miliki ? Segera persiapakan investasi terbaik Anda untuk masa depan Anda yang kekal abadi.

Demi waktu …

 

 

 

Ice Pack Cooler (Pengganti Es Batu)

Pagi ini Sabtu, 17 Agustus 2019. Kebanyakan dari kita sebelum mendekati akhir pekan sudah merencanakan, mo ngapain ya akhir pekan ini. Apakah mo bersih-bersih rumah, mo masak di kebun, bersih-bersih kebun, berkunjung ke tempat saudara, atau mungkin rekreasi.

Tiba saat nya yang ditunggu-tunggu, kita sibuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Kalo sekedar kegiatan di rumah, mungkin tidak terlalu repot. Yang repot ni, kalo kita mesti bepergian keluar kota, yang butuh waktu berjam-jam perjalanan. Terlebih lagi kalo kita mengajak seluruh anggota keluarga, dari anak yang paling kecil sampai yang paling gede.

Yang super ribet tentu emaknya nih.. Kudu prepare ekstra, dari makanan, pakaian, P3K, dll. Dan terlebih lagi kalo ada balita, kebutuhannya lebih istimewa disbanding yang lain. Harus punya – safety box – nih untuk ASI nya. Karena ASI adalah nutrisi terbaik dan sudah terbukti. Ya iyalah, yang bikin special dari Rabb, gak bakal ada yang ngalahin.. Jadi kita mesti memanfaakan rezeki pada kaum ibu.

Saat ini banyak kan cooler bag dan juga icepack cooler yang sangat membantu kondisi para ibu sehari-harinya. Terutama bagi Anda para ibu yang punya banyak aktivitas lebih, yang over ASI,  dan mesti dikeluarin dengan pompa ASI.

Alangkah bahagianya para Ibu, jika para Ayah mengerti kebutuhan seorang Ibu yang sedang mengasuh balitanya.

Untuk para Ayah yang mencintai istri dan generasi penerusnya, berikan hadiah dan kado cantik untuk mereka, dengan kado terindah bagi mereka.

 

Biji – Bijian (Beras, Gandum, Jagung Manis, dan Jawawut)

Biji-bijian berkulit kuning keemasan, seperti Beras, Gandum, Jagung Manis, dan Jawawut, kaya dengan serat yang dapat merangsang pergerakan usus. Biji-bijian tersebut juga mengandung nutrisi anti-kanker dan anti-oksidase. Selain itu biji-bijian ini dapat membantu memperlancar pencernaan dan pembuangan sisa-sisa kotoran dalam tubuh. Seluruh biji-bijian ini mempunyai daya serap yang sangat kuat sehingga menimbulkan rasa kenyang dan melangsingkan badan dengan cara membakar lemak di dalam tubuh.

Selamat berburu makanan sehat ya ….

Resep Sagu Keju Spesial ( Special Sago Cheese Recipe )

Bahan :

  • 500 gram              Tepung Tapioka
  • 160 gram              Gula Halus
  • 4 buah                  Kuning Telur
  • 240 gram              Butter
  • 80 ml                    Susu Cair
  • 210 gram              Keju Edam

Tips :

  • Tepung tapioka bisa diganti dengan tepung sagu, tepung gandum, atau tepung kerut/garut, atau jenis tepung lainnya.
  • Jangan lupa tepung di sangria atau di jemur terlebih dahulu.
  • Keju edam bisa di ganti dengan keju jenis yang lain (sesuai selera).

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung dengan gula halus sampai merata.
  2. Tambahkan butter, campur kembali sampai merata.
  3. Tambahkan kuning telur, susu,  kemudian keju, aduk rata.
  4. Adonan siap di cetak. Akan lebih mudah dan cepat, jika Anda menggunakan spet dan plastik segitiga (bisa memakai atau tidak, bentuk ujung spet selera).
  5. Adonan siap di panggang (panas oven sesuai karakter oven masing-masing, 20-30 menit).

Tips :

Pencampuran adonan bisa dengan spatula atau alat bantu yang lain.

Resep Kastengel Mudah dan Renyah

Bahan :

  • 500 gram              Tepung Terigu (protein rendah/sedang)
  • 3 buah                  Kuning Telur
  • 380 gram              Butter
  • 300 gram              Keju Edam (keju tua)
  • 75 gram                Maizena (optional)
  • 2 buah                  Kuning Telur (untuk olesan, bisa diganti madu)

 

 

Tips :

  • Butter bisa di ganti margarine atau mix antara butter dan margarine (merk sesuai selera).
  • Keju edam bisa di ganti dengan keju permesan atau mix antara keju edam/permesan dengan keju cheddar (merk sesuai selera).

Cara Membuat :

  1. Pertama, haluskan butter, kemudian tambahkan kuning telur.
  2. Setelah tercampur rata, tambahkan keju yang sudah diparut.
  3. Terakhir tambahkan campuran tepung terigu dan maizena yang sudah di ayak.
  4. Cetak adonan sesuai selera. Olesi atas dengan kuning telur, tambahkan keju yang sudah diparut (sesuai selera)
  5. Adonan siap di panggang (suhu 180 derajat 25 menit).

Tips :

  • Untuk mendapatkan hasil kue kering yang lebih renyah, tepung bisa dijemur atau di sangrai sebelum di gunakan. Tunggu sampai dingin, kemudian ayak.
  • Tips ini berlaku jika Anda membuat jenis kue kering yang lain.
  • Dinginkan kue kering sebelum dimasukkan ke dalam toples.

 

Resep Kue Kering Nastar Lembut

 

Bahan Isi :

  • 1 buah                  Nanas Utuh
  • 1 batang               Kayu Manis
  • 4 buah                  Cengkeh
  • 100 gram              Gula Pasir

Tips :

Anda bisa membeli selai nastar yang sudah jadi. Ada beberapa jenis (kualiatas) sesuai kebutuhan.

 

 

Bahan Kue :

  • 500 gram              Tepung Terigu Protein Rendah
  • 2 buah                  Kuning Telur
  • 85 gram                Gula Halus
  • 350 gram              Butter

Tips :

Anda bisa mengganti butter dengan margarine atau mix antara butter dan margarine, dengan perbandingan 1 : 1 atau sesuai selera.

Cara Membuat Isian :

  1. Kupas dan buang duri pada nanas, kemudian cuci bersih.
  2. Selanjutnya nanas di potong-potong dan dihaluskan (bisa juga di blender).
  3. Masak dan aduk nanas dengan api sedang.
  4. Masukkan kayu manis dan cengkeh (sesuai selera).
  5. Tambahkan gula pasir.
  6. Aduk terus menerus sampai air hampir habis.
  7. Proses memasak membutuhkan waktu +/- 1 jam menit.

Tips :

Jika selai nanas (nastar) sudah dingin, kita bisa membuat bulatan-bulatan kecil (sesuai selera). Bulatan isian bisa kita simpan di lemari pendingin (sehingga bisa di pakai, pada saat dibutuhkan). Hal ini bisa kita lakukan untuk menghemat waktu, jika kita harus membuat dalam jumlah banyak.

Cara Membuat Adonan Kue :

  1. Haluskan butter, tambahkan gula. Dapur inspirasi menggunakan perbandingan margarine : butter = 1 : 1.
  2. Tambahkan tepung, sedikit demi sedikit.
  3. Ambil sedikit adonan, bulatkan rata, pipihkan, kemudian diisi selai nastar yang sudah kita siapkan.
  4. Bulatkan kembali, sampai isian tertutup adonan tepung.
  5. Olesi bulatan dengan kuning telur (kuning telur untuk olesan bisa ditambahkan sedikit susu cair, agar lebih encer, bila perlu).
  6. Sebagai pemanis, tambahkan cengkeh utuh atau parutan keju diatas kue (sesuai selera).
  7. Adonan kue nastar siap di panggang.

Tips :

  • Pemanggangan +/- 30 menit dengan suhu 165 derajat.
  • Setelah 15 menit pemanggangan, olesan kuning telur bisa di ulangi (bila perlu).
  • Lamanya pemanggangan sangat tergantung oven masing-masing yang dipakai (bisa dikira-kira sendiri).

 

Susu Kedelai Bubuk Organik Terbaik

Apakah Anda sedang mencari produk susu yang rendah kolestrol ? Atau minuman kesehatan yang bisa di konsumsi oleh seluruh anggota keluarga ?

Anda sangat beruntung jika membaca artikel ini.

Ada banyak jenis susu yang bisa dijumpai di pasaran. Dari susu kaleng (kental manis), susu cair, dan susu bubuk. Susu kental manis (SKM) biasanya mengandung lebih banyak gula yang kurang bagus untuk kesehatan, dan mungkin sekali terdapat bahan pengawet. Sedangkan susu cair kebanyakan berasal dari hewan, seperti halnya SKM, dan biasanya ada pengawetnya juga. Sedangkan susu bubuk yang beredar saat ini memang berasal dari hewan, sebagian kecil saja yang berasal dari tumbuhan.

Melilea adalah salah satu produk susu berbahan kacang kedelai organic yang mengandung phytonutrient alami seperti lecithin, isoflavones, dan saponin. Diproduksi dengan menggunakan teknologi tercanggih saat ini, agar seluruh kandungan manfaat dan nutisi alamai yang ada di dalamnya tetap terjagatanpa tambahan zat – zat aditif, perasa buatan, pewarna buatan, dan bahan pengawet.

Meliea minuman serbuk kedelai dibuat dengan kacanag kedelai yang tumbuh di Heilongjiang, daerah timur laut Cina. Daerah ini sangat terkenal di dunia sebagai areabebas polusiudara dan air, serta jenis tanahnya yang hitam.

Iklim yang mendukung adalah factor lain yang menjadikan kacang kedelai ini memiliki kualitas premium. Untuk bisa disebut sebagai kacang kedelai berkualitas premium dibutuhkan standarisasi tertentu seperti memiliki berat 22 – 24 gr untuk setiap 100 butir kacangnya, juga mengandung lebih dari 34 % protein dan kurang dari 14 % air.

Kedelai adalah sumber protein terbaik (asam amino), pengganti susu hewani, daging merah, makanan laut, produk-produk mengandung susu lainnya yang tinggi lemak dan kolestrol.

Jenis susu ini sangat fleksibel karena bisa dikonsumsi oleh :

  • Bayi
  • Anak – Anak Masa Pertumbuhan
  • Ibu – Ibu Hamil
  • Pertumbuhan Remaja
  • Manula

So, Anda memutuskan konsumsi susu apa hari ini untuk keluarga tercinta ?

Multilevel Marketing (MLM) Bisnis Menggiurkan !

Saya bukanlah pakar ekonomi. Saya menulis tema ini, adalah wujud kepedulian dan kegelisahan saya kepada saudara-saudara muslim, bahwa dalam ISLAM, kita mesti sangat berhati-hati dalam bermuamalah, khususnya jual beli.

KENAPA ?

Yang patut menjadi catatan kita adalah, HALAL dan HARAM apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Jika yang masuk halal, apa yang bakal dihasilkan dari sari makanan adalah hal-hal baik, begitu juga sebalikknya. Jadi, sebaik-baik makanan adalah makanan yang diperoleh dengan cara yang halal. Apa yang kita makan, apa yang kita pakai, apa yang kita peroleh dengan cara yang halal adalah berkah dan anugerah terbaik, karena memberikan dampak positif dan berkah bagi yang berhati-hati dengan hal ini.

Jika Anda masih sangat ragu, silahkan analisa dan cermati orang-orang yang masih berkutat dengan hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Saya sekedar tahu tentang MLM sebenarnya sudah lama, namun tidak begitu mengetahui hukumnya dalam Islam. Yang saya tahu soal MLM, kita mesti cari member, kejar target, meeting-meeting, dan belanja produk. Dengan hal-hal target saya memang tidak terlalu tertarik.

Secara tidak saya sengaja, saya pernah melamar pekerjaan pada sebuah distributor susu dan produk makanan, ternyata belakangan saya tahu perusahan induk yang saya masuki adalah MLM. Saya memang tidak lama disitu, karena ada tawaran pekerjaan yang lain. Namun yang saya tahu, produk organik perusahaan yang saya masuki dulu, saya akui bagus. Saya bisa menilai, karena sedikit mengetahui tentang produk pertanian.

Produk MLM yang kedua, yang juga tidak sengaja saya ikuti adalah biro umroh dan haji. Karena saya sangat tertarik untuk bisa memberangkatkan umroh anggota keluarga, akhirnya saya mendaftar juga. Sebelum mendaftar, sebenarnya saya ragu-ragu, saya sempat menanyakan kepada senior di perusahaan tersebut, namun beliau menjawab : “ ini bukan MLM ”. Seiring berjalannya waktu, ternyata perusahaan ini bermasalah juga dengan status MLM. Waduh ! saya udah DP waktu itu !

Sebagai ibu-ibu yang gemar belanja peralatan rumah tangga, Anda dan saya pun sangat tertarik dengan harga member, harga murah, diskon, dll. Tahun lalu saya sempet daftar ke temen sebuah perusahaan distributor perlengkapan rumah tangga yang cukup ternama, ujung-ujungnya di ajak meeting-meeting. Maksud hati pengen dapat harga murah, malah kecemplung lagi di MLM.

Semoga Allah SWT mengampuni saya dan keluarga. Menjauhkan kami dari segala hal yang haram dan tidak di ridhai. Amin.

Secara garis besar Multilevel Marketing (MLM) adalah sebuah sistem penjualan langsung, dimana barang di pasarkan oleh para konsumen langsung dari produsen. Para konsumen yang sekaligus memasarkan barang mendapat imbalan bonus. Bonus tersebut diambil dari keuntungan setiap pembeli yang dikenalkan oleh pembeli pertama berdasarkan ketentuan yang di atur (Dr. Husen Syahrani, AtTaswiq AtTijary wa Ahkamuhu fil Fiqhal Islami –  Marketing dalam Tinjauan Fikih – hal 502) *

Memang ada dua pendapat tentang hal tersebut.

  1. MLM hukumnya boleh (mubah)
  2. MLM hukumnya tidak boleh (haram)

Mari bersama-sama kita renungkan, tanyakan pada hati nurani yang terdalam  …

Para ulama dan pakar menyatakan bahwa :

Sistem MLM termasuk muamalat yang diharamkan karena tujuan orang yang bergabung adalah bonus dan bukan barang. Terkadang bonus mencapai ribuan Riyal sedangkan harga barang hanyalah ratusan Riyal.

Setiap orang yang berakal bila ditawarkan pilihan barang dan bonus pasti akan memilih bonus. Oleh karena itu yang menjadi jargon perusahaan MLM menarik orang untuk membeli produknya adalah besarnya bonus yang dijanjikan sebagai imbalan harga barnag yang tidak seberapa bila dibandingkan bonus yang akan di peroleh.

Benar gak ?

Trus, mengapa diharamkan ? Diharamkan karena :

  1. Sistem MLM mengandung unsur riba fadhl dan nasi’ah.
  2. Sistem MLM mengandung unsur gharar (spekulasi) yang diharamkan syariat.
  3. Sistem MLM mengandung unsur memakan harta manusia dengan cara yang batil.
  4. Sistem MLM mengandung unsur penipuan, menyembunyikan cacat, dan pembohongan publik.

Kemudian perlu diingat juga, MLM diharamkan bukan karena produknya akan tetapi karena system pemasarannya. Maka apapun jenis produk yang dipasarkan dengan system MLM, sekalipun produknya adalah halal (islami), tetaplah hukumnya juga haram.

Jadi, gimana dengan Anda sekarang ? Masih tertarik dengan bisnis MLM ?

Tips :

  • Pilihlah produk yang sudah berlabel halal (terutama makanan/minuman).
  • Belilah produk yang Anda butuhkan dengan cara yang HALAL (wajar)

 

 

* Sumber : Dr. Erwandi Tarmizi, MA., Buku Harta Haram Muamalat Kontemporer (Cetakan ke-19), Hal 353 – 362

Margarine, Mentega, dan Butter

Apakah Anda masih bingung dalam membedakan margarin, mentega, dan butter ?

https://jateng.tribunnews.com

Bagi Anda yang masih awam dan belum familiar dengan bahan kue dan roti, istilah margarine mungkin sama saja dengan mentega. Banyak dari kita yang menyebutkan produk-produk margarin adalah sama seperti mentega, atau produk-produk mentega sama seperti margarin.

Sebenarnya, margarin dan mentega keduanya dapat dipakai dalam pembuatan roti. Meskipun demikian, margarin dan mentega adalah dua hal yang berbeda, meskipun biasanya cara penggunaannya sama.

Adapun fungsi margarine dan butter secara umum adalah menahan air, memperhalus tekstur (sehingga memudahkan pemotongan), mempengaruhi volume (menambah jumlah adonan), dan menambah aroma (Materi Edukasi Sriboga Customer Center, 2015).

Pemakaiannnya harus sama atau lebih sedikit dari jumlah kuning telur (dalam resep). Cara penggunaan bisa dicairkan atau dikocok terlebih dahulu. Bila penggunaan margarine > 200 gram, disarankan pengocokan agar adonan tidak terlalu cair.

Mentega dan margarin tampilannya nyaris sama, berwarna kuning dan pekat. Ada yang teksturnya lembut, ada pula yang kaku seperti sabun batangan. Ada yang dibungkus kertas aluminium atau plastik, ada juga yang dikemas dalam mangkuk atau kaleng. Apa sebenarnya perbedaan kedua produk ini? Mana yang lebih sehat? (KOMPAS.com)

Pada dasarnya, mentega dan margarin memiliki jumlah kalori yang sama. Mentega biasanya mengandung lemak alami dan beragam manfaat nutrisi lainnya, seperti vitamin A, D, E, dan K, yang larut dalam air. Manfaatnya antara lain untuk menguatkan tulang dan fungsi-fungsi tubuh lainnya. Namun  untuk menentukan mana yang lebih sehat, Anda perlu mengetahui kandungan lemak dari keduanya.

  1. Margarin

adalah bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak tumbuh-tumbuhan, biasanya disebut lemak nabati. Margarin ini memiliki tekstur yang lebih kaku daripada mentega. Hal ini membuat margarin lebih tahan jika diletakkan di suhu ruangan dan tidak mudah meleleh. Margarin memiliki warna kuning yang terang. Margarin juga memiliki kandungan lemak baik, yang lebih banyak daripada lemak jenuh atau kolesterol jahat yang biasa terkandung pada unsur hewani.

Contoh Margarine :

Simas, Blue Band, Forvita, Filma, Palmia, Malinda, Palmboom, Trully, Alotusa dll.

  1. Mentega (Butter)

adalah bahan masakan yang terbuat dari minyak atau lemak hewan, biasanya disebut lemak hewani. Hewan yang diambil lemaknya sendiri bermacam-macam, ada sapi ataupun babi (ini yang harus diperhatikan oleh konsumen). Namun, di negara mayoritas muslim di Indonesia biasanya mentega yang paling banyak beredar adalah mentega lemak sapi. Mentega bertekstur sangat lembut. Sehingga ia tidak tahan pada suhu ruangan dan cepat meleleh. Warna dari mentega adalah kuning pucat.

Mentega dibuat dari lemak hewan dan memiliki kandungan kolesterol diet maupun lemak jenuh yang tinggi. Kolesterol sebenarnya diperlukan untuk perkembangan otak, elastisitas sel, dan usus yang sehat. Namun, kandungan lemak jenuhnya yang tinggi membuat mentega tidak hanya meningkatkan kolesterol total, tetapi juga kolesterol jahat (LDL). LDL inilah yang biasanya menyumbat arteri, dan menyebabkan penyakit jantung. Menurut petunjuk makan sehat, kita sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 10 persen kalori total seperti lemak jenuh (http://female.kompas.com).

Contoh Mentega (Butter) :

Wysman, Elle, Anchor, Hollman, Triangle, Golden Churn, dll.

Tips :

  • Pilihlah produk yang sudah berlabel HALAL.
  • Untuk keaslian produk, beli kemasan ASLI (bukan curah).
  • Selalu tanyakan merk asli dari margarine/mentega curah yang Anda beli.
  • Ada beberapa merk yang mengeluarkan produk mix dari margarine dan mentega (orchid, gold bullion, dll)
  • Ada HARGA ada RASA.

Selamat Mencoba. Happy Baking !

Jenis Jenis Tepung Terigu

Kata tepung terigu tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Kita bahkan menjumpainya hampir di konsumsi makanan keseharian kita.

Bagi Anda yang hobi memasak atau membuat kue, membedakan jenis tepung terigu tentu sudah biasa. Namun bagi seorang pemula, mungkin masih sedikit mengalami kesulitan untuk membedakan jenis tepung terigu yang sesuai dengan penggunaannya.

Tepung Terigu adalah suatu jenis tepung yang terbuat dari jenis biji-bijian yaitu gandum, dimana bii-bijian tersebut sampai saat inimasih diimpor dari beberapa negara seperti Australia, Canada, dan Amerika (Materi Edukasi Sriboga Customer Center, 2015).

Secara umum jenis tepung terigu yang ada di pasaran saat ini bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

  1. Tepung terigu protein tinggi (kandungan protein 12%-14%)
  2. Tepung terigu protein sedang (kandungan protein 10,5%-11,5%)
  3. Tepung terigu protein rendah (kandungan protein 8%-9%)

Dalam hal ini kandungan protein dalam suatu tepung terigu menentukan jumlah gluten-nya. Semakin tinggi kandungan protein dalam tepung terigu, maka semakin tingi jumlah gluten-nya. Hal tersebut akan berpengaruh pada sifat kenyal dan elastis tepung.

PROTEIN  >>  GLUTEN >>  ELASTISITAS

Nah, bagi Anda yang masih bingung, kandungan protein yang dimaksud di atas biasanya sudah tercantum pada kemasan yang kita punya. Coba dicek secara teliti. Biasanya pada kemasan akan tertera kandungan  x % (untuk satu bungkus tepung terigu) atau  x gr (untuk 100 gr tepung terigu). Dan biasanya kandungan nilaiprotein pada tepung terigu tercantum dalam satuan gram.

  1. Tepung Terigu Protein Tinggi

Jenis tepung ini biasa digunakan dalam pembuatan berbagai jenis roti dan mie. Mengapa ? Karena dengan kandungan protein yang tinggi, tentu saja kandungan proteinnya juga semakin banyak, sehingga elastisitas (kekenyalan) semakin besar. Sifat inilah yang terdapat pada roti dan mie.

Contoh  : Cakra, Gerbang, Tali Emas, Kerang, Kompas, Double Zero, Hyme, dll

  1. Tepung Terigu Protein Sedang

Jenis tepung ini biasa digunakan untuk membuat cake/bolu/sponge. Dengan kandungan protein sedang, jenis tepung ini masih bisa digunakan untuk membuat roti maupun kue kering, yang biasanya menggunakan terigu protein tinggi untuk roti, dan terigu protein rendah untuk kue kering. Oleh karena itulah jenis terigu protein sedang ini biasa juga disebut terigu serbaguna.

Contoh : Segitiga Biru, Beruang Biru, Mila, Jade, Falcon, dll

  1. Tepung Terigu Protein Rendah

Jenis tepung terigu ini biasanya digunakan dalam pembuatan kue kering. Mengapa ? Karena jenis kue ini memang tidak harus menjadi besar (mengembang).

Contoh : Kunci Biru, Pita Merah, Lencana Merah, Teko Merah, Zircon, dll

Tips :

  • Pilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pilih tepung terigu yang secara fisik masih bagus (tidak kotor, tidak berkutu, tidak berbau apek)
  • Pilih yang tanggal produksinya belum terlalu lama (tanggal expire masih lama).